Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat-Sifat Bunyi Dengan Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN 075044 Soewe

Authors

  • Mustika Candra Fakho Universitas Terbuka
  • Misbahul Munir Universitas Terbuka

Keywords:

Metode Permainan, Hasil Belajar Siswa, Sifat-Sifat Bunyi, Pembelajaran IPA, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 075044 Soewe mengenai sifat-sifat bunyi dengan menggunakan metode permainan. Metode ini dipilih karena dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, hasil belajar siswa menunjukkan bahwa banyak siswa yang belum mencapai nilai 70 (KKM) yang ditetapkan 75 Oleh karena itu, dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus kedua dengan menerapkan lebih banyak variasi permainan yang relevan dengan materi sifat-sifat bunyi. Hasil observasi menunjukkan peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran, di mana mereka harus terlihat lebih antusias dan berani berpartisipasi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes akhir setiap siklus. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa adalah 68 dengan persentase ketuntasan 60%, sedangkan pada siklus kedua, rata-rata nilai meningkat menjadi 82 dengan persentase ketuntasan mencapai 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan tidak hanya meningkatkan hasil belajar tetapi juga meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode permainan dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat-sifat bunyi pada pelajaran IPA di kelas IV. Penelitian ini menyarankan agar guru dapat terus menggunakan metode yang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Downloads

Published

2025-09-09