Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Bangun Datar
Keywords:
Modul Ajar, Kearifan Lokal, Bangun DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal pada materi bangun datar dengan menggunakan konteks kain tenun buna dari Insana yang valid praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang diguankan ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yakni pendefenisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (development). Subjek peneitian ini adalah peserta didik kelas VIIC SMP Katolik Giovanni Kupang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil validasi yang didapatkan dari validator ahli materi sebesar 87% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil analisis penilaian kepraktisan dari angket respon guru mendapat nilai sebesar 98% dengan kategori sangat praktis dan penilaian kepraktisan respon peserta didik mendapat nilai sebesar 85,6% dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan nilai N-gain sebesar 78% dengan kategori sangat efektif. Setelah dilakukan uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul ajar berbasis kearifan lokal ini, dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis kearifan lokal pada materi bangun datar menggunakan konteks kain tenun buna Insana di SMP Katolik Giovanni dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.



:strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/4550198/original/016488700_1692862388-cover.jpg)
