Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Konsepsi Aritmetika

Authors

  • Tuti Isnani UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Keywords:

Kesalahan siswa, Analisis kesalahan, Aritmetika, Teori Konsepsi Aritmetika

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Teori Konsepsi Aritmetika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur atau library research. Data diperoleh dari analisis terhadap berbagai sumber literatur yang relevan dalam bidang pendidikan matematika, khususnya yang membahas mengenai kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aritmetika. Analisis dilakukan dengan memeriksa berbagai kesalahan yang umum terjadi, seperti kesalahan dalam konsep, pemahaman operasi aritmetika, dan kesalahan prosedural. Selain itu, studi ini juga mengeksplorasi faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, termasuk pengaruh kurikulum, metode pengajaran, dan kesulitan kognitif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika seringkali disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar aritmetika, kesulitan dalam mengaplikasikan operasi aritmetika, dan kebingungan dalam memahami instruksi soal. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam terhadap konsep-konsep aritmetika serta pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengatasi kesalahan-kesalahan yang umum terjadi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kesalahan siswa dalam matematika, serta memberikan dasar bagi pengembangan intervensi pendidikan yang lebih efektif.

Downloads

Published

2024-11-28