Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Pemahaman dan Kreativitas Siswa Pada Pelajaran Front Office di SMK Efata

Authors

  • Olviana Tamo Ina Universitas Stella Maris Sumba
  • Aloysius Gregorius Bora Universitas Stella Maris Sumba
  • Herman Huki Ratu Universitas Stella Maris Sumba

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman dan Kreativitas siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya siswa belum memiliki pemahaman dan kreativitas oleh karena kurang tepatnya strategi yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Solusi permasalahannya ialah dengan menerapkan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa dan aktivitas guru selama proses pembelajaran serta memberikan pengaruh terhadap pemahaman dan kreativitas siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Efata sebanyak 30 orang siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat memberikan pengaruh terhadap pemahaman dan kreativitas siswa pada materi pemebelajaran Front Office. Di mana terdapat adanya perbedaan pemahaman dan kreatifitas siswa pada materi pembelajaran Front Office antara sebelum (pre) dan sesudah (post) penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Perkembangan pemahaman dan kreativitas siswa SMK Efata setelah implementasi strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) semakin meningkat. Nilai rata-rata penilaian pemahaman siswa antara sebelum dan sesudah implementasi strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dari 40,53 meningkat menjadi 51,67 dan nilai rata-rata penilaian kreativitas siswa dari 39,6 meningkat menjadi 71,33.

Downloads

Published

2024-10-25