Peran Filsafat Pendidikan Islam dalam Mengembangkan Kurikulum Berbasis Nilai-Nilai Spiritual dan Moral di Abad Ke 21

Authors

  • Dedi Saputra UIN Syekh Nurjati Cirebon

Keywords:

Filsafat Pendidikan Islam, Kurikulum Berbasis Nilai, Nilai Spiritual dan Moral

Abstract

Artikel ini mengkaji peran filsafat pendidikan Islam dalam mengembangkan kurikulum berbasis nilai-nilai spiritual dan moral di abad ke-21. Penelitian ini menyelidiki landasan filosofis yang mendasari pendidikan Islam dan relevansinya dengan pengembangan kurikulum kontemporer melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian literatur dan penelitian kepustakaan. Kajian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dan moral ajaran Islam ke dalam sistem pendidikan untuk mencapai pembangunan yang holistik. Penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang memuat nilai-nilai tersebut dapat menghasilkan individu yang memiliki moral, etika, dan spiritualitas yang kuat dan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Dengan menganalisis berbagai karya akademis dan pandangan sejarah, penelitian ini mengidentifikasi prinsip-prinsip utama filsafat pendidikan Islam yang dapat disesuaikan dengan situasi pendidikan modern. Lebih lanjut, artikel ini juga membahas tantangan dan implikasi praktis penerapan kurikulum berbasis nilai spiritual dan moral di era globalisasi dan kemajuan teknologi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa praktik pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga meningkatkan moralitas dan kesadaran, sehingga warisan filosofis pendidikan Islam yang kaya dapat dimanfaatkan dalam pengembangan kurikulum di abad ke-21. Hal ini penting untuk dipertimbangkan oleh para pendidik dan pengambil kebijakan itu sebagai sumber berharga untuk pendidikan.

Downloads

Published

2024-10-25