Manajemen Strategi: Pembinaan Akademik Menuju Perguruan Tinggi
Keywords:
manajemen strategis, pembinaan akademik, keberhasilan peserta didik, perguruan tinggi, MAN SukoharjoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen strategis dalam program pembinaan akademik yang diterapkan di MAN Sukoharjo sebagai upaya untuk meningkatkan keberhasilan peserta didik menuju perguruan tinggi. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan angket kepada siswa. Tempat penelitian di MAN Sukoharjo.. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa dan informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategis diterapkan melalui tahapan perencanaan, implementasi, evaluasi, dan pengendalian program pembinaan. Program ini mencakup bimbingan belajar intensif, simulasi ujian, pelatihan keterampilan belajar, serta konseling akademik dan karier, yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik siswa. Berdasarkan data, sebanyak 70% siswa merasa bahwa program ini memberikan perubahan yang cukup signifikan terhadap kesiapan mereka menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, sementara 67% memberikan tanggapan sangat positif terhadap efektivitas program. Evaluasi berkala juga diterapkan untuk memastikan program terus diperbarui dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Kesimpulannya, implementasi manajemen strategis yang tepat dalam pembinaan akademik berperan signifikan dalam meningkatkan peluang siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.



:strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/4550198/original/016488700_1692862388-cover.jpg)
